Informasi tempat wisata edukasi, kuliner, dan khasanah budaya

Daftar 11 Museum di Jogja yang bernilai Pendidikan bagi Pengunjung

Sahabat Wisata infomarsi tentang Daftar 11 Museum di Jogja yang bernilai pendidikan
  • 1.      Museum Paleoanropologi Kompleks Fakultas Kedokteran UGM
Koleksinya memberikan nilai tambah berupa ilmu tentang hayati.
Museum ini menyajikan materi pameran antara lain: sejarah hayat, pohon hayat, beda ciri manusia dan kera, filogeni hewan, filogeni manusia, ontogeni, paleoanthropologi Indonesia, paleoanthropologi dunia, evolusi alat-alat budaya, situs prasejarah di Indonesia, situs prasejarah dunia, fosil-fosil hewan purba dan fosil-fosil manusia purba.
Kontak
Universitas Gadjah Mada, Jl. Farmako Sekip Utara, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 (0274) 560300.
Telp.   : 0274-902546

  • 2.      Museum Pendidikan Indonesia di UNY
Koleksinya banyak memberikan inspirasi untuk belajar lebih banyak tentang pendidikan.
Koleksi MPI UNY didapat dari hibah, pembelian, dan penitipan. Pada saat itu karena MPI UNY adalah museum pendidikan pertama di Indonesia, sehingga menarik banyak perhatian orang untuk menghibahkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian, bukanlah koleksi yang sembarangan. MPI UNY hanya membeli koleksi dari orang yang mempunyai cerita tentang koleksi tersebut dan berhubungan dengan sejarah pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian misalnya kertas merang yang terbuat dari bubur merang (kertasnya lebih kaku). Koleksi yang berasal dari penitipan juga mempunyai syarat tertentu yaitu antik dan boleh dipamerkan (dilihat orang). Koleksi yang berasal dari penitipan misalnya naskah tentang sejarah Indonesia. Selain itu, MPI UNY juga banyak mendapatkan koleksi dari museum Dewantara Kirti Griya dan arsip kurikulum dari kementrian.
Kontak
Bagi Anda yang ingin mengunjungi MPI UNY silahkan hubungi kami di nomor telepon : (0274) 586168 psw 561 Fax (0274) 561259, email : mpi@uny.ac.id/ website : http://mpi.uny.ac.id Alamat: Kampus Pusat Universitas Negeri Yogyakarta. Jln. Colombo No.1, Karangmalang, Sleman, D.I. Yogyakarta, kode pos:55281. Jam kunjung; Senin-Kamis pukul 07.30 – 15.00 WIB, jumat pukul 07.30 – 13.30 WIB. Sabtu – Ahad silahkan konfirmasi. Tiket masuk Rp. 2.500/orang (sudah termasuk guide dan nonton film di Cinema untuk rombongan).

  • 3.      Museum Biologi UGM
Koleksi museum dipamerkan dalam delapan ruang yang terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu:
Koleksi binatang
1.      Binatang rendah atau binatang tak bertulang belakang (Avertebrata)
2.      Binatang bertulang belakang (Vertebrata): Pisces, Amfibia, Aves, Reptile, Mamalia
Koleksi Tumbuhan
1.      Tumbuhan yang hidup di dataran rendah (Cryptogamae)
2.      Tumbuhan yang hidup di dataran tinggi (Phenaerogamae) yang diawetkan secara kering dan basah
3.      Fosil
Koleksi di Museum Biologi berjumlah kurang lebih 3.700 spesimen.Koleksi yang tidak kalah menarik adalah berbagai jenis flora meliputi berbagai koleksi tumbuhan, baik tumbuhan rendah (Cryptogamae), tumbuhan tinggi (Phanerogamae) yang diawetkan (kering/ basah ) , dan fosil tumbuhan. Koleksi tumbuhan berjumlah kurang lebih 3, 700 spesies. Bagi pengunjung yang berminat mengetahui seluk-beluk pengawetan flora/fauna, museum ini sangat layak menjadi tempat berguru. Selain koleksi flora dan fauna, daya tarik lain dari museum adal ah upaya penggambar an ekosistem kehidupan bawah laut. Terumbu karang asli tertata seperti di dasar laut dilengkapi dengan ganggang dan tumbuhan laut serta penyu.

Kontak
Alamat: Jl. Sultan Agung No. 22 Yogyakarta
Telp.: (0274) 376740
Email: mus_bio@ugm.ac.id biologymuseum@gmail.com
Website: www.biologi.ugm.ac.id/museum
Facebook: Museum Biologi UGM


  • 4.      Museum Geoteknologi Mineral UPN
KOLEKSI

Koleksi Museum Geoteknologi Mineral terdiri atas Tektit, Mineral, Batuan, Foto Sayatan Batuan, Batu Mulia, Bahan Galian, Monolit Tanah, Peta, Panel, Maket, Fosil, Patung, Lukisan, Artefak, CD Film, dan Foto.
Di bidang geologi, pengunjung dapat menyaksikan visualisasi sejarah terjadinya bumi, batuan dan mineral penyusunnya, fosil, dan berbagai jejak kehidupan jutaan tahun silam. Di samping itu terdapat maket dan gambar-gambar yang berkaitan dengan geologi. Bidang pertambangan menyajikan maket anjungan eksplorasi minyak bumi dan miniatur ring produksi minyak lepas pantai. Selain itu, disajikan juga beberapa contoh minyak mentah maupun minyak olahan. Di bidang pertanian, pengunjung disuguhi berbagai monol i t tanah hasi l pel apukan dari bebatuan dasarnya.
Kontak
Museum buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. Kunjungan pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur lainnya akan dilayani bila melakukan konfirmasi sebelumnya. Museum yang beralamat di Jalan Babarsari Nomor 2, Tambakbayan, Yogyakarta ini tidak memungut biaya untuk setiap kunjungan. Informasi lebih lengkap hubungi nomor telepon (0274) 486991

  • 5.      Museum Museum Pusat TNI AD Yogyakarta
Koleksi
Museum berjumlah 1.780 buah, meliputi senjata, alat komunikasi dan kesehatan, seragam dan tanda jasa (bintang dan satyalencana), serta atribut-atribut kebesaran TNI AD (Pataka, Dhuaja , Sempana, Tunggul, dan Pathola). Satu lagi ruang yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung di Museum Pusat TNI Angkatan Darat “Dharma Wiratama” adalah ruang bawah tanah. Berada di taman belakang, sebelah kanan museum, ruangan ini tidak dapat dipisahkan dari museum. Rasa penasaran dan tegang di ruang bawah tanah ini menjadi sensasi tersendiri saat memasuki dan menyelusurinya. Koleksi buku TNI Angkatan Darat di perpustakaan museum juga akan menambah penget ahuan pengunj ung tentang sejarah bangsa Indonesia
Kontak
Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama” terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 75 Yogyakarta, telepon/faksimile (0274) 561417. Museum terbuka untuk umum, baik perorangan maupun rombongan, dengan waktu kunjungan hari Senin-Jumat pukul 08.00 -14.00 WIB hari Sabtu, Minggu, dan hari besar nasional, museum tutup, kecuali telah melakukan konfirmasi dengan pengelola sebelumnya

  • 6.      Museum Museum Sasana Wiratama Monumen Pangeran Diponegoro
Koleksi
Museum secara garis besar terdiri dari senjata tradisional, peralatan rumah tangga, dan barang bernilai seni yang jika diakumuluasikan berjumlah seratus buah. Senjata tradisional yang digunakan pada saat perang adalah keris, tombak, pedang, panah, bandil atau martil besi, patrem yaitu sebuah senjata untuk kaum perempuan,dan candrasa atau tusuk sanggul. Sedangkan untuk alat rumah tangga semuanya terbuat dari kuningan yang dibuat sekitar tahun 1700-an yang terdiri dari tempat sirih beserta kecohan atau tempat meludah, canting untuk membuat motif batik, teko, dan kacip yaitu sebuah alat untuk membelah pinang.[Lalu, untuk barang bernilai seni ada patung Ganesha kecil, tali kuda pemberian Hamengku Buwono Vlll, sepasang patung Loro Blonya dan lampu hias
Kontak
Museum Sasana Wiratama Monumen Pangeran Diponegoro buka dari hari Senin sampai Sabtu pukul 08.30-15.30 WIB. Berbagai fasilitas akan mel engkapi kunj ngan Anda, diantaranya pendopo/ tempat pertemuan, pengi napan, mushola, dan tempat parkir luas. Berada di Jalan H. O. S Cokroaminoto TR III/ 430 Tegalrejo, Yogyakarta, telepon (0274) 622668
  • 7.      Museum Sono Budoyo I dan II Yogyakarta
Koleksi museum berupa koleksi adalah:
1.      Wayang Kancil.
2.      Kelir berbingkai merah menjadi arena pertunjukan wayang dengan dilengkapi (diterangi) blencong.
3.      Beraneka bentuk wayang, seperti kancil dan orang-orangan dua dimensi, menjadi media bagi pendidikan anak-anak.
4.      Miatur bangunan berarsitektur tradisional dan modern, memperkenalkan kepada pengunjung tentang bangunan rumah Jawa. Rumah Menyingkap Tabir Budaya Yogyakarta tradisional Kotagede menggambarkan bentuk rumah saudagar Jawa di tahun 1912. Beratap limasan, tiang penyangga kayu jati berjumlah banyak, dan lantai bertingkat, merupakan ciri khas rumah Jawa tradisional.
5.      Gamelan cokekan, terdiri dari gong barut, kendang, rebab, gender, dan slenthem,merupakan koleksi cukup unik.
6.      Ancow berukuran 2 meter x 2 meter tergantung di langit-langit ruangan, digantungi jaring berukuran besar, ancow diletakkan berderet dengan bubu dan tlempak (alat penangkap kepiting).
7.      Koleksi masterpiece Museum Sonobudoyo II berupa tandu Pakualaman dengan bahan kayu jati , beratap limasan (layaknya atap rumah), berhiaskan ular naga, membuat tandu pengantin putra/putri bangsawan Kadipaten Pakualaman tampak eksotis. Keindahan tandu disempurnakan oleh ornamen ukiran berwarna emas. Tandu ini menjadi istimewa karena merupakan koleksi asli dan satu-satunya di Yogyakarta.
8.      Dakon berukuran 1,5 meter (berbentuk naga)
9.      Tandu berisi boneka pengantin, dan sesaji) dan umbo-rampe perlengkapan upacara Saparan (lengkap dengan boneka berukuran besar,
10.  Mesin ketik kuno beraskara Jawa ( sementara masih berada di storage) dan mesin ketik milik S.H. Mintardja.
Kontak
Tertarik berkunjung? Segera hubungi Museum Sonobudoyo II, Jalan Wijilan PB I/2A, Yogyakarta 55133, telepon (0274) 373617. Museum Sonobudoyo II terbuka untuk kunjungan setiap hari Senin-Sabtu pukul 07.30-14.00 WIB.


Tertarik artikel jelajah Wisata yang lain silahkan 
Pantai Alam Indah Kota Tegal Jateng
Jelajah Wisata Benteng Pendem Cilacap Jateng
  • 8.      Museum Museum Perjuangan
Koleksi Museum Perjuangan dibagi dalam dua tata pameran:
1.      Tata pameran pertama disajikan secara outdoor. Koleksi pada tata pameran ini meliputi bangunan museum sendiri, relief  patung kepala pahlawan nasional yang dipasang pada dinding yang mengelilingi Museum Perjuangan dan relief peristiwa sejarah yang menceritakan tentang kisah hidup Boedi Oetomo dan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1950.
2.      Tata pameran kedua disajikan secara indoor. Koleksi yang terdapat dalam tata pameran ini antara lain seperti meriam, buku, perlengkapan dan benda-benda bersejarah yang dipakai oleh para tokoh pejuang Indonesia dalam usaha merebut kemerdekaan Indonesia.

Kontak
Segera saja datang ke Museum Perjuangan Yogyakarta , Jalan Kolonel Sugiono 24 Yogyakarta, telepon (0274) 387576. Museum menerima setiap kunjungan pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-14.00 WIB; khusus hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional, museum tutup. Tanpa dipatok biaya masuk (sukarela), Museum Perjuangan Yogyakarta memberikan keleluasaan kunjungan wisata perjuangan

  • 9.      Museum Mandala Dirgantara
Koleksi pesawat A6M5 Zero Zenbuatan Jepang dengan baling-baling di depan, beroda tiga, dan berawak tunggal menjadi koleksi istimewa Museum Dirgantara, sebab Jepang sendiri tidak memiliki pesawat tersebut. Pesawat lainnya adalah Glider Kampret, pesawat pembom B-25 Mitchell, pembom B-26 Ivander, helikopter Hiller 360 buatan AS (pernah digunakan presiden pertama RI), pesawat latih mula Stearman yang digunakan kadet-kadet/karbol penerbang Indonesia di Taloa, California, dan masih banyak koleksi pesawat lainnya. Di samping mencermati berbagai pesawat, pengunjung dapat menyaksikan beberapa diorama, di antaranya diorama Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa.
Kontak
Tertarik dengan berbagai koleksi pesawat yang dimiliki TNI AU Dirgantara Mandala, Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta, telepon (0274) 484453, atau 564465, 564466 pesawat: 5398. Buka setiap hari pukul 08.30-15.00 WIB dengan tiket masuk Rp 2.000,00





  1. 10.  Museum Wayang Kekayon
Koleksi "Seratus Wayang Kurawa" merupakan koleksi masterpiece yang tiada duanya. Tidak berlebihan bila museum ini menjadi rujukan bagi pecinta kesenian wayang. Koleksi museum semakin lengkap didukung oleh koleksi berbagai jenis wayang lainnya, yaitu wayang Purwa, Gedhog, Klithik, Dupara, Diponegaran, Krucil, Golek, dan sebagainya. Koleksi wayang berumur ratusan tahun, seperti Wayang Golek Thengul, Wayang Madura, Bali, dan Lombok, serta beberapa koleksi topeng, busana Wayang Wong, wayang suluh, akan menambah decak kagum pengunjung.
ALAMAT Jalan Yogya – Wonosari Km.7 No.277 Telepon 0274-513218, 379058
KARCIS MASUK

Dewasa: Rp 5.000
Anak-anak: Rp 3.000
Rombongan: Diskon 10% di atas 20 orang

11.  Museum Benteng Vredeburg
Koleksi
Nikmati rentetan sejarah di Ruang Diorama, mulai Perang Diponegoro (1825-1830) hingga masuknya Jepang ke Yogyakarta (6 Maret 1942), Agresi Militer Belanda II, sertaperjalanan sejarah bangsa Indonesia sejak penandatanganan Perjajinjian Renville hingga pengakuan kedaulatan RIS tanggal 27 Desember 1949. Sajian perjuangan di Yogyakarta sejak Indonesia kembali ke negara kesatuan Republik I ndonesi a sampai masa Orde Baru akan menyudahi rangkuman perjalanan sejarah di Museum Benteng Vredeburg. Secara keseluruhan museum ini memiliki 55 diorama yang ditempatkan dalam 4 ruangan. Diorama merupakan koleksi yang dirancang untuk mengenang perj uangan bangsa I ndonesi a dengan menampilkan beberapa tokoh sejarah. Koleksi pokok sebagai masterpiece adalah bangunan Benteng Vredeburg itu sendiri karena merupakan bangunan benda cagar budaya (The Amazing Heritage Building) dengan arsitektur bangunan Belanda
Kontak
Museum Benteng Vredeburg buka setiap Selasa hingga Minggu. Hari Selasa-Kamis museum buka pukul 08.30-13.30 WIB, hari Jumat pukul 08.30-11.00 WIB, hari Sabtu pukul 08.30-12.00 WIB, dan hari Minggu pukul 08.00-13.00 WIB. Sementara hari Senin dan hari libur nasional, Museum Benteng Vredeburg tutup. Harga tiket Rp. 250,00 (siswa) dan Rp. 750,00 (umum). Silahkan akses http://webmail.budpar.go.id dan email: bentengvredeburg@budpar.go.id atau hubungi nomor telepon (0274) 586934, 510996.

Demikian Sahabat Wisata infomarsi tentang Daftar 11 Museum di Jogja yang bernilai pendidikan. Semoga bernilai bagi anda semua. Terima kasih telah berkunjung
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

JATENG (32) wisata jateng (30) WISATA JAWA TENGAH (21) wisata pantai (18) wisata semarang (16) Jateng Semarang Kota (11) Jateng Wonogiri (9) wisata wonogiri (9) wisata alam (8) BABEL (7) JOGJA (7) Jelajah Wisata Budaya (7) Jelajah Wisata Gunung (7) wisata bangka belitung (7) wisata jogja (7) Jelajah Wisata Pantai (6) wisata museum (6) Agenda dan Berita Wisata (5) Jasa Tour Wisata (5) Jasa Wisata (5) Jateng Semarang Kab (5) Paket Studi Tour (5) Pusat Info Wisata (5) Travel Wisata (5) Industri Pariwisata (4) Wisata Bali (4) wisata air terjun (4) Agenda Wisata (3) Jogja Kulon Progo (3) WISATA JOGJAKARTA (3) wisata kulon progo (3) Alamat dinas pariwisata Tabanan (2) Berita Wisata (2) Dinas Pariwisata Tabanan (2) Jateng Banjarnegara (2) Jogja Gunung Kidul (2) Wisata Jelajah Budaya (2) Wisata Jelajah Pantai (2) wisata banyumas (2) wisata candi (2) wisata gunungkidul (2) wisata indah (2) wisata kebun binatang (2) wisata sejarah (2) Agenda Rutin Wisata Jogja (1) Agenda non Reguler Wisata Jogja (1) Air Terjun Alam (1) Air Terjun Indah Dan Menantang (1) Air Terjun Sri Gethuk (1) Air Terjung Petualang (1) Alamat Kantor Pemerintah Tabanan (1) Alamat Kecamatan di Tabanan (1) Alamat SKPD Prop DI Yogyakarta (1) Alamat dinas Pariwisata DIY (1) Alamat email dinas pariwisata Tabanan (1) Alamat website dinas pariwisata (1) Babel Bangka (1) Babel Bangka Barat (1) Babel Bangka Selatan (1) Babel Bangka Tengah (1) Babel Belitung (1) Babel Belitung Timur (1) Babel Pangkalpinang (1) Bisnis Jasa Wisata Aceh (1) Bisnis Jasa Wisata Bali (1) Bisnis Jasa Wisata DI Yogyakarta (1) Bisnis Jasa Wisata DKI Jakarta (1) Bisnis Jasa Wisata Pusat (1) Bugel (1) Bugel Matahari Terbenam (1) Daftar Candi Jogja (1) Daftar Pantai Jogja (1) Daftar Wisata Mall Jogja (1) Dinas Pariwisata Bali (1) Dinas Pariwisata Prop Bali (1) Dinas Pariwisata Prop DI Yogyakarta (1) Dinas Wisata Buleleng (1) Dinas Wisata Denpasar (1) Dinas Wisata Karangasem (1) Dinas Wisata Klungkung (1) Dinas Wisata Tabanan (1) Jateng Banyumas (1) Jateng Batang (1) Jateng Cilacap (1) Jateng Surakarta - Solo (1) Jateng Tegal Kota (1) Jelajah Pantai Baron (1) Jelajah Pantai Panorama Laut (1) Jelajah Wisata Belanja (1) Jelajah Wisata Gua (1) Jogja Bantul (1) Jogja Kota Jogja (1) Jogja Sleman (1) Kepala dinas pariwisata Bali (1) Liburan di Pantai (1) Pantai Dengan Pertemuan Dua Air (1) Pantai Indah (1) Pantai Pandangan Luas (1) Peraturan dinas pariwisata Bali (1) Pertemuan Air Laut Dan Air Tawar (1) Pusat Wisata Aceh Darussalam (1) Pusat Wisata Bali (1) Pusat Wisata DKI Jakarta (1) Pusat Wisata Yogyakarta (1) Sedekah Laut Baron (1) Sejarah dinas pariwisata Bali (1) Tempat Wisata Sleman (1) Wisata Menarik Bersama Pohon Kelapa (1) Wisata Belanja Jogja (1) Wisata Budaya Jogja (1) Wisata Candi Jogja (1) Wisata Indah Babel (1) Wisata Jelajah Belanja (1) Wisata Jelajah Gunung (1) Wisata Pantai Jogja (1) Wisata Sejarah Jogja (1) Wista Indah di Sleman (1) alamat dinas pariwisata kab (1) alamat dinas pariwisata kota (1) bendungan gajah mungkur (1) benteng pendem cilacap (1) daftar pantai gunung kidul (1) daftar tempat wisata jateng (1) daftar wisata wonogiri (1) desa wisata (1) ekonomi kreatif (1) fistival kesenian gunung kidul (1) geopark gunung kidul (1) gua benteng pendem (1) gunung purba gunung kidul (1) gunung purba jogja (1) logo wonderful indonesia (1) muara bertingkat (1) musik dangdut jogja (1) musik dangdut purawisata (1) nilai filsafat bathok bolu (1) nilai mistis bathok bolu (1) nomer telpon dinas pariwisata (1) pesona laut tegal (1) pesona pantai sore (1) plta gajah mungkur (1) ritual khayangan wonogiri (1) tarian fkg gunungkidul (1) wisata agro (1) wisata ambarawa (1) wisata bangka (1) wisata bangka barat (1) wisata bangka selatan (1) wisata bangka tengah (1) wisata banjarnegara (1) wisata bantul (1) wisata batang (1) wisata belitung (1) wisata belitung timur (1) wisata benteng (1) wisata gereja (1) wisata gua (1) wisata indonesia (1) wisata makam (1) wisata masjid (1) wisata pangkalpinang (1) wisata pendidikan (1) wisata sleman (1) wisata ungaran (1)